-->

Cara Membuat dan Resep Makanan Hampap Khas Banjarmasin

Cara Membuat dan Resep Makanan Hampap Khas Banjarmasin - Iwak Karing Batanak adalah ikan asin yang dimasak dengan santan khas Banjar, Kalimantan Selatan. Rasanya asam, manis, asin, gurih, segar serta keanekaragaman kuliner suku Banjar di Kalimantan Selatan. Iwak Karing batanak atau ikan asin yang dimasak dengan santan.

Iwak Karing Batanak Khas Banjar Kalimantan Selatan Selain telur, masakan habang bisa dibuat dari daging sapi, ayam, ikan. Selain disantap dengan nasi putih, di Kalimantan, Masak Habang biasanya Iwak Karing Batanak Khas Banjar Kalimantan Selatan Memiliki Resep Makanan Hampap Khas Banjarmasin (Ikan Asin dalam Santan), hanya menggunakan 16 bahan dan 5 langkah mudah. Langsung saja kita coba masak sajian ini.

Masakan Hampap yang siap dihidangkan


Untuk memasak hampap KalSel khas (Ikan Asin dengan Santan), beberapa bahan harus disiapkan:

·         4 ekor ikan telang asin segar ukuran besar (resep asli menggunakan 2 ekor kepala, 2 ekor).

·         130 ml santan

·         500 ml air (atau kalau mau lebih kental bisa dikurangi sesuai selera).

Bumbu Iris :

·         5 batang daun bawang.

·         4 siung bawang putih.

·         4 buah cabai merah keriting (bisa diganti dengan cabai merah besar).

·         4 buah cabai hijau besar.

·         2 buah tomat (resep aslinya adalah 2 buah belimbing wuluh).

·         Secukupnya garam.

·         Gula yang cukup.

Makanan khas Kalimantan Selatan berikutnya di Banjarmasin adalah bubur baayak yang memiliki warna coklat dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Terbuat dari ikan wangi yang sudah setengah dikeringkan di bawah sinar matahari lalu dimasak dengan bumbu khas, rasanya sangat nikmat. Hampap memiliki rasa yang gurih dan gurih dengan rasa yang sedikit pedas dan asin.

Apa Saja Resep Makanan Hampap Khas Banjarmasin?

Proses pembuatan hampap khas Kalimantan Selatan (Ikan Asin dengan Santan)

·         Rebus Ikan Asin dengan 1/2 liter air sampai setengah empuk (kalau mau kental bisa kurangi airnya).

·         Tambahkan irisan bawang merah, bawang putih, beserta bumbu cemplung.

·         Masukkan santan, lalu aduk perlahan agar santan tidak pecah. Aduk hingga mendidih.

Uniknya, ketupat santan ini dimakan dengan ikan gabus atau ikan haruan yang ditemukan di sungai-sungai Kalimantan Selatan. Anda juga bisa memasak hidangan yang juga populer dengan nama haruan memasak ketupat bersama jenis ikan air tawar lainnya.

Cara mengolah ikan asin juga mudah dan tidak ribet. Anda hanya perlu bumbu sederhana di dapur, Anda bisa mengubah ikan asin Anda menjadi makanan yang enak. Selain itu, Anda juga bisa memadukan ikan asin dengan aneka lalapan segar yang kaya nutrisi.

Bahan dasar masakan ini terdiri dari ikan haruan (gabus) yang sudah setengah dikeringkan di bawah sinar matahari kemudian dimasak dengan bumbu khusus. Iwak Karing Sapat merupakan snack atau pelengkap makanan asli Banjarmasin yang terbuat dari ikan sepat.

Ikan sepat banyak ditemukan di sungai-sungai Kalimantan Selatan. Karing Iwak bisa dimasak dengan cara digoreng. Saat disantap, ikan yang kurus dan tidak berlemak ini akan menjadi camilan renyah yang gurih dan nikmat.

Simak juga resep Resep Iwak Karing Batanak, Ketagihan Enak lainnya. Resep Makanan Hampap khas Banjarmasin atau iwak karing betanak khas Kalimantan Tengah. Cuci bersih dan rendam ikan asin terlebih dahulu agar rasa asinnya berkurang lebih dari setengah jam, kemudian goreng Iwak Karing Batanak yang setengah matang, Khas Banjar, Kalimantan Selatan.

0 Response to "Cara Membuat dan Resep Makanan Hampap Khas Banjarmasin"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel