-->

Cara Membuat dan Resep Makanan Mandai Khas Banjarmasin

Cara Membuat dan Resep Makanan Mandai Khas Banjarmasin - Mandai merupakan salah satu kuliner khas Kalimantan Selatan. Entah kapan kelezatan kuliner ini ditemukan, tapi yang pasti kelezatan kuliner fermentasi ini sudah ada turun-temurun. Mandai adalah kulit cempedak yang difermentasi sedemikian rupa sehingga tekstur makanan olahan ini cukup empuk saat dikonsumsi.

Di pulau jawa terdapat beberapa daerah dimana buah ini bisa tumbuh subur, seperti Jakarta, Depok, Bekasi, dan sekitarnya. Namun daerah lain di Jawa mungkin belum pernah mengenal buah ini. Berikut cara membauat dan Resep Makanan Mandai khas Banjarmasin.

Mandai adalah makanan khas Banjar yang terbuat dari buah cempedak. Bagi sebagian orang, buah cempedak sendiri mungkin merupakan buah yang aneh. Pasalnya buah ini hanya terdapat di beberapa daerah saja, seperti Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

 

Cara Membuat Mandai:

Pilih cempedak yang sudah matang, lalu pisahkan isi bagian dalam dengan kulit cempedak. Kulit cempedak yang sudah disisihkan kemudian dipisahkan dari cangkangnya hingga tersisa sisa kulit bagian dalam dan serat cempedak.

Potong kulit cempedak lalu rendam dalam air garam selama 3 hingga 30 hari sesuai selera. Prinsipnya, semakin lama proses fermentasi akan membuat tekstur Mandai semakin lembut. Jika sudah waktunya dan akan diolah menjadi makanan, sisihkan Mandai dari air.

Resep Mandai Crispy

Bahan:

·         1 Mandai (kulit cempedak yang difermentasi)

·         1 sendok teh garam meja secukupnya

·         1 bungkus tepung bumbu (sesuai selera)

·         Minyak secukupnya

Bagaimana Prosesnya:

·         Potong kulit cempedak yang sudah menjadi mandai. Agar tidak terlalu asam, Mandai bisa dicuci dengan air mengalir.

·         Taburi mandai yang diiris tipis dengan garam (sesuai selera, boleh atau tidak) aduk rata dan diamkan 10 menit agar garam meresap.

·         Tutupi dengan tepung bumbu yang renyah, lalu goreng dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan. Angkat lalu tiriskan. Mandai goreng renyah olahan Anda siap disajikan.

Apa Saja Resep Makanan Mandai Khas Banjarmasin?

Tumis Mandai pedas

Bahan:

·         500 gr cempedak kulit (mandai)

·         sesuai selera cabai rawit / besar

·         4 batang daun bawang

·         2 siung bawang putih

·         1 jempol gula merah

·         1 buah tomat

·         ½ sendok teh terasi panggang

·         1 sdt kecap manis

·         Garam sebagai perasa dan penyedap rasa.

Bagaimana Prosesnya:

·         Mandai hasil fermentasi dibilas dan diperas airnya kemudian dipotong kecil-kecil atau sesuai selera.

·         Mandai setengah matang, sisihkan.

·         Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan garam dan penyedap rasa lalu aduk rata, jangan lupa untuk mencicipinya terlebih dahulu jika takaran bumbunya pas. Setelah harum, campur mandai yang setengah matang dengan bumbu. Campur dengan baik.

·         Setelah matang, lalu sajikan. Kuliner yang satu ini akan semakin nikmat jika disajikan dengan nasi hangat.

Buah cempedak memiliki bentuk seperti nangka tetapi ukurannya kecil, teksturnya juga seperti nangka, hanya saja lebih lembut. Namun aroma buah ini menyerupai durian yang memiliki aroma yang agak menyengat. Daging buahnya bisa dikonsumsi langsung atau diolah terlebih dahulu. Misalnya diolesi tepung kemudian digoreng menjadi cempedak goreng.

Resep Makanan Mandai yang direndam air garam dapat bertahan hingga satu tahun karena garam merupakan pengawet alami. Namun, jika Anda sudah tidak sabar untuk mengolah mandai tanpa menunggu proses perendamannya, Anda bisa memotong kulit cempedak dan langsung menggorengnya hanya dengan ditaburi garam sebagai bumbu. Makanan ini bisa dijadikan camilan saat berkumpul bersama keluarga.

0 Response to "Cara Membuat dan Resep Makanan Mandai Khas Banjarmasin"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel